Press Release Sekolah Eksekutor 2023: Rangkaian Pembekalan Kepengurusan Himaka yang Akan Datang

Press Release Sekolah Eksekutor 2023: Rangkaian Pembekalan Kepengurusan Himaka yang Akan Datang

Sekolah Eksekutor 2023 merupakan program kerja yang dinaungi oleh Departemen Kaderisasi dan Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa. Program ini merupakan salah satu wadah pengembangan kemahasiswaan di tingkat lanjutan setelah mahasiswa mendapat pengenalan mengenai lingkungannya di tahapan atau jenjang awal kaderisasi ini diselenggarakan. Pada acara ini mahasiswa diperkuat dan ditanamkan pemahaman mengenai kepemimpinan, yang mana kemampuan kepemimpinan ini akan berguna pada tahapan ketika sumber daya manusia menjadi unggul dan dapat memimpin sebuah organisasi serta mahasiswa dituntut untuk lebih proaktif dalam pelaksanaan kegiatan organisasi. Selain itu, acara ini diadakan sebagai pembekalan anggota Himpunan Mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fikom Unpad dalam kepemimpinan kabinet yang akan datang. Acara ini terdiri dari acara mentoring dan rangkaian acara inti yang dimulai sejak bulan September 2023 dengan berjumlah 8 rangkaian. Acara ini dari awal hingga akhir rangkaian secara penuh dilaksanakan melalui tatap muka di Moestopo dan Ruang Aula Lantai 1 Student Center, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. 

Pada hari Jumat 8 September 2023 di Moestopo, Sekolah Eksekutor resmi dibuka dengan adanya sambutan dari Rifat Syafaat sebagai Ketua Himaka, dan Bu Dr. Ute Lies Siti Khadijah, S.Sos., M.Si. sebagai Ketua Program Studi Perpustakaan dan Sains informasi. Kegiatan rangkaian pertama Sekolah Eksekutor 2023 ini memuat topik “Sinkronisasi Kegiatan Himaka dengan IKK Prodi yang disampaikan oleh Bu Nadia Febriani, S.I.Kom., M.Si. dan topik “Manajemen Organisasi di Himaka” yang disampaikan oleh Rifat Syafaat Hasna Yunita, dan Muhaemin. 

Sekolah Eksekutor dilanjutkan dengan kegiatan rangkaian mentoring yang dilaksanakan pada Selasa 19 September 2023 di Ruang Kelas 203, 05 Gedung 2 Lantai 2, dan Kesekretariatan Himaka, dengan topik “Problem Solving” yang disampaikan oleh mentor pembimbing masing-masing kelompok peserta.

Kegiatan rangkaian kedua dilaksanakan pada Rabu 27 September 2023 di Moestopo dengan topik “Etika Komunikasi Sunda” yang disampaikan oleh Pak Samson CMS., S.Sos., M.I.Kom., dan topik “Public Speaking” yang disampaikan oleh Bu Fitri Perdana, S.Sos., M.I.Kom.

Pemaparan materi “Etika Komunikasi Sunda” disampaikan oleh Pak Samson CMS., S.Sos., M.I.Kom.

Kegiatan rangkaian ketiga dilaksanakan pada Jumat 6 Oktober 2023 di Ruang Aula Lantai 1 Student Center, Fakultas Ilmu Komunikasi dengan topik “Pengenalan Struktur Organisasi Unpad, Fikom, dan Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi yang disampaikan oleh Bu Evi Nursanti Rukmana, M.I.Kom. dan Bu Siti Aminah, S. S., dan topik “Pembuatan AD/ART” dengan tema “Let’s Learn About Procedure Amandement Legislative” yang disampaikan oleh Teh Husnun Nasriah, S.S.I

Kegiatan rangkaian keempat dilaksanakan pada Jumat 13 Oktober 2023 di Moestopo dengan topik “Event Management: Penjelasan Tentang Cara Penyelenggaraan Acara” yang disampaikan oleh Bu Lilis Puspitasari, S.Sos., M.I.Kom, dan topik “Pelatihan Pengenalan Jenis-jenis Surat dan Pembuatan Surat” yang disampaikan oleh Arslyn Aqylah.

Kegiatan rangkaian kelima dilaksanakan pada Jumat 20 Oktober 2023 di Moestopo dengan topik “Pelatihan Pengenalan Jenis-jenis Proposal dan Pembuatan Proposal” yang disampaikan oleh Fariza Satrya Ananda, mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat angkatan 2021. Pada akhir kegiatan, panitia menyampaikan penjelasan terkait project action yang akan dikerjakan oleh para peserta. Project action tersebut merupakan tugas akhir berbentuk grand design project yang dapat mengatasi permasalahan krisis regenerasi kepengurusan di Himaka.

Kegiatan rangkaian keenam dilaksanakan pada Jumat 27 Oktober 2023 di Moestopo dengan topik “Leading Change” yang disampaikan oleh Febran Rizkita Grafisanda selaku Ketua BEM Kema FEB Unpad Kabinet Penerbang Mimpi.

Kegiatan rangkaian ketujuh dilaksanakan pada Jumat 3 November 2023 di Ruang Aula Lantai 1 Student Center, Fakultas Ilmu Komunikasi. Pada hari ini, peserta mempresentasikan grand design hasil diskusi project action mereka.

Kegiatan rangkaian kedelapan dilaksanakan pada Jumat 10 November 2023 di Moestopo. Rangkaian ini disebut rangkaian awarding. Rangkaian ini merupakan acara kelulusan peserta eksekutor sekaligus penutupan acara Sekolah Eksekutor 2023. Harapannya, melalui rangkaian kegiatan ini, minat dan angka partisipasi mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi dapat meningkat sehingga tidak akan terjadi krisis regenerasi kepengurusan di Himaka.


Penulis: Amalia Roudhotul Jannah, Rafi Helmi Rabani
Penyunting: Razif Abdussalam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *